Tips Menghindari Efek Samping Facial

Tips Menghindari Efek Samping Facial

TRIBUNNEWS.COM – Meskipun wajah Anda tidak berjerawat, Anda perlu melakukan facial sekali waktu untuk membuang lemak yang menumpuk di kulit wajah.

Namun demikian, pilih baik-baik aesthetician atau ahli kecantikan yang akan menangani Anda. Tak jarang usai facial wajah kita justru benjol-benjol akibat dipencet-pencet, atau bahkan berjerawat.

Untuk menghindari efek samping facial seperti ini, ikuti aturan facial yang benar dari Tina S. Alster, clinical professor of dermatology dari Georgetown University Medical Center.

• Pilih dengan bijak. Penting bagi kita untuk merawat kulit dengan serius di salon atau spa. Namun waspadalah dengan nail-salon yang juga menawarkan layanan facial. Pastikan juga aesthetician-nya berlisensi. Saat Anda tiba di salon, ambil beberapa saat untuk mengamati keadaan di sekeliling. Perhatikan peralatan dan ruangannya. Agar lebih aman, minta ahli kecantikannya untuk tidak menggunakan alat. Bila tidak disterilkan lebih dulu, peralatan seperti itu justru akan membuat Anda berjerawat setelah facial.

• Sampaikan keinginan Anda. Jangan melakukan facial jika Anda mengalami jerawat kronis atau rosacea (kulit meradang kemerahan). Sebelum Anda membiarkan tangan orang lain menyentuh wajah Anda, pastikan Anda sudah membicarakannya secara cermat dengan ahli kecantikannya. Ia pun harus menanyakan pada Anda apakah Anda menggunakan produk tertentu yang menyebabkan kulit iritasi seperti retinol, vitamin C, atau obat-obatan dengan resep seperti Accutane. Dengan mengetahui hal ini, petugas facial bisa memilih produk lain yang tidak terlalu keras untuk Anda.

• Lindungi diri Anda. Petugas facial harus selalu menggunakan kaus tangan karet saat “menggarap” wajah Anda. Dan facial seharusnya tidak sakit, karena hanya untuk membersihkan lemak di wajah. Minta ia mengurangi “kekuatannya” jika Anda mulai merasa sakit.

• Yang perlu saja. Proses peeling yang ringan saat facial boleh-boleh saja, namun sebaiknya Anda langsung menjumpai ahli dermatologi untuk mendapatkan perawatan seperti microdermabrasion dan laser. Perawatan tambahan yang membuat Anda harus membayar lebih untuk perawatan facial yang mendasar seharusnya tidak perlu. Perawatan oxygen, misalnya, tidak ada gunanya. Atau masker kolagen, yang akan memberikan kelembaban ekstra. Hal ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

• Rawat sesudahnya. Usai facial, hati-hatilah dengan kulit Anda selama seminggu. Hindari melakukan scrubbingdengan bahan yang terlalu kasar, bahan yang mengandung alpha hydroxy acids, dan retinoid. Cuci saja wajah dengan mild cleanser.

sumber : http://www.tribunnews.com/kesehatan/2010/03/22/tips-menghindari-efek-samping-facial

Leave a Reply

Close Menu